Mengobati Kolesterol Dengan Daun Binahong

Kolesterol adalah satu penyakit yang ada ditubuh akibat tinggi kadar lemak kolesterol di dalam darah dan salah satu tumbuhan herbal yang baik untuk mengatasinya adalah binahong. Tumbuhan binahong adalah salah satu tanaman herbal yang hampir semua bagian dari tumbuhan ini bermanfaat untuk kesehatan, dan tumbuhan ini telah banyak digunakan sebagai herbal alami penurun kolesterol. Dengan nama ilmiah Basella rubra linn, binahong mudah didapatkan di berbagai tempat.
Daun Binahong

Tempat tumbuhnya tumbuh ini adalah daerah dataran tinggi dan rendah sehingga binahong mudah didapatkan di berbagai daerah di seluruh nusantara. Bukan hanya mudah tumbuh ini tidak memerlukan berbagai perawatan khusus dalam mengembangbiakkannya. Selain itu penggunaan obat ini dalam dunia pengobatan secara umum telah dilakukan beberapa negara di asia utamanya di daerah Cina, tiongkok dan berbagai negara di asia tenggara.

KANDUNGAN DAUN BINAHONG


Peran dari kandungan yang ada di dalam daun membuat hasil yang menakjubkan dimana berbagai penyakit dapat dibantu proses kesembuhannya dengan menggunakan daun binahong ini, Berikut ini berbagai kandungan dari daun herbal ini yang sangat baik untuk kesehatan:

  • Sapoin: Berbagai jenis kandungan yang baik dari binahong yang bisa digunakan untuk kesehatan. zat yang ada di dalam tumbuhan ini memiliki senyawa aktif yang sifatnya hampir sama dengan sabun. Kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol darah menjadi sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung.
  • Protein: Kandungan protein yang ada di dalam tumbuhan ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membuat orang tersebut yang telah mengkonsumsi binahong mampu merangsang pembentukan anti bodinya sendiri. Selain itu, kadar protein yang tercukupi juga meningkatkan rangsangan hormon pertumbuhan dan reproduksi sel seperti mengganti sel yang telah rusak dengan sel baru.
  • Alkaloid: Manfaatnya baik digunakan oleh penderita diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah.Jenis lain dari alkaloid dikenal dengan senyawa yang sifatnya seperti basa yang memiliki kandungan nitrogen yang tersusun dalam gabungan bisa satu dan bisa lebih. 
  • Asam oleanolik: peranan asam oleanolik dapat melindungi tubuh dari berbagai karsinogen yang berbahaya dan ini dapat mencegah racun yang akan masuk ke sel-sel tubuh dan mampu meningkatkan pertahanan sel yang ada di dalam tubuh. Selain itu, Senyawa nitrit oksita dan sifat anti inflamasinya dapat menjadi antioksidan yang berguna untuk melawan bakteri yang tidak bermanfaat dan radikal bebas yang berbahaya.
  • Minyak atsiri atau sering juga disebut sebagai minyak eteris ini didapatkan dari tanaman dengan cara penyelingan dan memiliki sifat yang mudah menguap. Minyak ini  tidak berwarna dan terlihat dalam keadaan segar. Tapi warnanya akan berubah dengan sendirinya saat terjadi oksidasi dan pendamaran.


Demikian informasi dari kandungan herbal daun binahong yang sangat baik untuk kesehatan, kemampuan dari herbal ini  untuk mengatasi kolesterol telah lama dimanfaatkan berbagai ahli terapi herbal tradisional.

Tips Mengkonsumsi Binahong Untuk Asam Urat


Berikut ini, dibawah akan dijelaskan mengenai tips yang baik untuk mengkonsumsi binahong untuk mengatasi kolesterol tinggi. Meskipun telah ada cara lain untuk mengatasi kolesterol seperti dengan banyak berolahraga, tapi mengkonsumsi binahong bisa menjadi tambahan dalam mengobatikolesterol. Berikut ini cara mengolahnya yaitu:

  • Siapkan daun binahong beberapa lembar sesuai dengan yang anda butuhkan.
  • Sebelum digunakan daun binahong di Cuci terlebih dahulu dengan air hangat agar lebih higenis
  • Lakukan perebusan air,dan setelah siap turunkan daun rebusan sampai airnya menjadi dingin
  • Dan setelah dingin air rebusan ini diminum secara rutin, teratur dan disiplin.
  • Rebusan binahong tidak usah diberi gula atau tambahan herbal lain.

Setiap pengobatan yang dilakukan harus berdasarkan manfaat dari herbal yang dikonsumsi, selain itu kita harus bijak dalam melakukan pengobatan, karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap herbal yang ada di muka bumi ini adalah titipan Allah SWT sehingga yang sebenarnya hanya perantara saja karena kesembuhan datangnya dari Allah SWT.

Artikel terkait:
http://abe-mc410.com
http://herbalmakassar.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejuta Manfaat Daun Binahong

Ekstrak Binahong Amanah Di Makassar